6 Hal Wajib Untuk Traveller Yang Bertanggung Jawab
Image dari Yukpiknik.com

6 Hal Wajib Untuk Traveller Yang Bertanggung Jawab

130 views
6 Hal Wajib Untuk Traveller Yang Bertanggung Jawab
Image dari Yukpiknik.com

Traveling merupakan suatu kegiatan yang bisa dikatakan sebuah kegiatan mewah, serta kebutuhan tersier pada dulunya. Akan tetapi saat ini telah menjadi suatu bagian dari kebutuhan gaya hidup dari hampir semua manusia di zaman modern ini. “Indonesia itu indah, jangan dirumah saja”, seolah-olah dengan slogan ini orang tengah tergila-gila dan ingin menjelajahi Indonesia.

Tak dapat dipungkiri, travelling sangat diperlukan untuk me-refresh kembali pikiran kita dari kepenatan selama beraktivitas. Dengan travelling kita dapat terhindar dari depresi dan stres, bahkan dapat melancarkan kembali kreativitas kita yang mentok. Kita butuh travelling, serta menjadi traveller walapun hanya sehari bahkan seminggu.

Akan tetapi untuk menjadi traveller tak lain hanya mengunjungi lokasi-lokasi yang indah dan memamerkan hasil moment tersebut ke social media. Yang terpenting adalah rasa tanggung jawab kita bagaimana agar menjadi traveller yang bisa menjaga kebersihan, kesopanan, dan kenyaman di lokasi wisata yang kita kunjungi. Serta tidak egois tentunya.

Di bawah ini ada 6 hal wajib untuk traveller yang bertanggung jawab ketika berwisata ke suatu tempat.

Buang sampah, walaupun tidak ada aturan tertulis

Bijak ketika membuang sampah pada tempat, walaupun di lokasi wisata tidak ada aturan secara tertulis. Apabila satu orang aja membuang sampah maka akan berdampak buruk, contoh nya orang lain akan mengikuti perilaku kita secara sadar maupun tidak sadar. Sekali pun ada orang yang telah melakukan sebelum nya kita tak patut mengikuti nya bahkan kita bisa menegur nya dengan baik. Itulah contoh dari traveller yang bijak dan bertanggung jawab.

Tidak usah menunggu peraturan yang tertulis, buang lah sampah yang ada di tangan anda pada tempatnya. Apabila anda tidak menemukan tempat sampah anda dapat menyimpannya sementara, kemudian setelah menemukan tempat sampah lalu buang lah sampah yang ada simpan tadi.

Dengan membayar bukan berarti kita punya hak untuk merusak

Membayar tiket masuk yang hanya beberapa puluh ribu perak, bukan berarti kita semena-mena merusak lingkungan wisata yang kita kunjungi. Jagalah lingkungan wisata agar terlihat lebih indah sehingga kita merasa nyaman di dalamnya.

Mari kita hindari pemikiran tidak baik seperti ini, karena dengan pemikiran seperti ini merupakan mentalitas manusia yang sulit untuk maju, jangan mentang-mentang sudah bayar tiket masuk, tetapi sesuka hati melakukan kerusakan di lingkungan wisata. Ada kewajiban utama kita dalam menjaga kelestarian lokasi wisata yang kita kunjungi. Sehingga wisatawan lain pun dapat menikmati suasana wisata yang nyaman.

Aturan yang ada untuk dipatuhi, bukan untuk dilanggar

Dengan adanya peraturan yang telah dibuat oleh pengelola lokasi wisata yang kita kunjungi untuk menjaga ketentraman lokasi tersebut. Alangkah baik nya kita mentaati peraturan serta larangan yang telah disahkan.

Apabila wisatawan lain melanggar aturan, kita jangan sampai mengikuti perilaku tersebut sehingga dapat memperparah kerusakan yang ada. Anda berhak menegur nya dengan baik, atau laporkan kepada pihak pengelola yang ada di lokasi wisata tersebut. Semakin banyak lokasi wisata yang dirusak, maka semakin banyak kita akan kehilangan tempat wisata yang indah.

Bersikap sopan terhadap warga sekitar 

Selain bertanggung jawab dengan lingkungan wisata, kita juga harus bersikap sopan kepada penduduk sekitar. Kita patut menghargai mereka yang sedang mencari nafkah di lingkungan wisata. Hindari bersikap arogan dan taati peraturan yang ada disana.

Mengenai warga sekitar yang sedang mencari nafkah sampingan melalui wisatawan, jangan kasar apabila anda menolak jasa yang mereka berikan atau dagangan yang mereka tawarkan. Anda dapat menolak nya dengan cara yang lembut dan tegas.

Jangan tinggal kan sesuatu selain jejak, dan jangan ambil sesuatu kecuali foto 

Jangan meninggalkan coretan yang dapat merusak keindahan lokasi wisata, walaupun hanya coretan sederhana di atas batu, itu merupakan suatu tindakan vandalisme, dan jangan membawa pulang sesuatu yang berasal dari lokasi wisata yang kita kunjungi.

Baca Juga : Ini Dia 7 Tanda Orang Menyebalkan Dalam Rombongan Ketika Hendak Wisata

Bertanggung jawab demi keselamatan sendiri

Selain hari 5 hal yang tadi yang telah anda lakukan, hal yang satu ini tak kalah penting. Yaitu menjaga keselamatan terhadap diri anda sendiri di lokasi wisata. Jangan sampai terjadi suatu hal yang tidak diinginkan karena lupa terhadap keselamatan anda.

Nah itu dia 6 hal wajib untuk traveller yang bertanggung jawab, semoga bermanfaat dan menjadi pedoman ketika anda berwisata ataupun travelling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *