Dahsatnya Mengarungi Arung Jeram Citarik

76 views

Arung Jeram Citarik  – Arung jeram merupakan sebuah kegiatan yang menggairahkan, mengasyikkan namun sedikit liar dan juga menyenangkan. Seperti pada kegiatan petualangan yang lainnya, arung jeram ini tetap mempunyai resiko dan bahaya. Akan tetapi resiko tersebut justru yang akan menambah semangat dan menjadi perangsang untuk para penggiat kegiatan satu ini, sehingga bukan menjadi alasan kenapa orang-orang tidak suka dengan kegiatan arung jeram.

1

Seorang pemandu arung jeram atau skipper atau yang lebih familiar di panggil kapten yang telah berpengalaman juga akan berusaha untuk meminimalisasi resiko dan juga bahaya. Bahkan secara statistik, anda juga akan merasa jauh lebih aman mengikuti kegiatan arung jeram ini bila dibanding dengan berkendara didalam kota. Seorang pegawai pemerintahan di Amerika juga mengutarakan pada suatu penelitian, bahwa angka kecelakaan kegiatan arung jeram ini masih jauh dibawah kegiatan sepak bola. Akan tetapi tentu saja masih ada resiko dan anda juga harus menerima resiko tersebut pada saat berada di sungai.

Memang setiap orang yang mengikuti kegiatan arung jeram yang telah dikelola dengan komersil salah satunya Arung Jeram Citarik ini akan selalu memakai pelampung atau Life Jacket yang memiliki daya apung yang tinggi. Pelampung ini nantinya tetap menjaga anda agar tetap ada diatas permukaan air, bahkan pada saat anda terlempar dari perahu dan juga tercebur ke dalam sungai. Tidak sedikit orang yang tidak bisa berenang mengikuti kegiatan arung jeram dan mereka turut menikmatinya. Dan yang paling penting ialah anda tidak panik pada saat terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai. Akan tetapi orang yang tidak bisa berenang tidak dianjurkan mengikuti kegiatan arung jeram pada sungai yang mempunya tingkat kesulitan class IV maupun class V, dan cukup menikmati jeram dengan menggunakan pelampung pada sungai dengan tingkat kesulitan class II dan class III.

Dalam kegiatan arung jeram ini juga selalu memakai dayung. Ini berarti anda akan memegang dayung dan melalukan pendayungan pada saat berada di atas perahu. Anda pastinya harus berada pada kondisi yang sehat dan juga fit pada saat mengikuti kegiatan arung jeram. Mendayung memang bisa mengakibatkan, namun pemandu akan memberi instruksi pada anda terkait teknik mendayung. Sehingga tidak selamanya pada saat anda berada diatas perahu ini akan melakukan pendayungan.

Baca Juga : 10 Tujuan Wisata Kota Bitung Yang Layak Dikunjungi, Termasuk Selat Lembeh

Namun bila anda merasa ragu dengan kemampuan untuk mengikuti kegiatan arung jeram maupun tentang kesehatan anda, alangkah lebih baik anda melakukan cek kesehatan terlebih dahulu sebelum anda mengikuti kegiatan arung jeram. Sebab hal ini ini tergantung pada kondisi saat berlangsungnya kegiatan, yakni suhu air dan cuaca. pada Cuaca yang panas dan dengan suhu air yang dingin, disarankan untuk mengenakan wet suit. Dianjurkan juga untuk menggunakan pakaian yang berbahan synthetic fleece, polypro, capilene maupun wool di bagian dalamnya. Demikian sedikit artikel terkait arung jeram citarik, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *