Ini Dia Transportasi Melalui Jalur Pendakian Tamiajeng Gunung Penanggungan
Pos Awal Pendakian Tamiajeng Gunung Penanggungan

Ini Dia Transportasi Melalui Jalur Pendakian Tamiajeng Gunung Penanggungan

212 views
Ini Dia Transportasi Melalui Jalur Pendakian Tamiajeng Gunung Penanggungan
Pos Awal Pendakian Tamiajeng Gunung Penanggungan

Pawitra atau biasa disebut Gunung Penanggungan merupakan salah satu gunung yang biasa dilakukan pendakian oleh para pendaki di daerah Jawa timur. Dengan mendaki gunung ini bisa anda lalui dengan tiga jalur yaitu Desa Tamiajeng, Dessa Ngoro Mojokerto, serta Dessa Jolotundo.

Dengan ketinggian 680 mdpl, Desa Tamiajeng merupakan salah satu area yang dapat dilalui oleh para pendaki yang hendak mendaki ke arah Gunung Penanggungan, dimana Gunung Penanggungan ini memiliki ketinggian sekitar 1.653 mdpl tepat nya berada di perbatasan Pasuruan dan Mojokerto.

Pada kali ini saya akan memberikan informasi transportasi melalui jalur pendakian Tamiajeng Gunung Penanggungan untuk anda :

Untuk menuju Tamiajeng anda akan melalui dua kota besar yang ada di Jawa Timur yakni Surabaya dan Malang. Dari dua titik kota tersebut anda dapat menggunakan transportasi seperti bus untuk sampai ke Terminal Pandaan.

Apabila anda berangkat dari Surabaya, terlebih dahulu anda mencari terminal Bungurasih dengan tujuan terminal Pandaan dan bisa juga tujuan Malang. Di terminal ini anda dapat menemukan bus dengan tujuan setiap waktu. Untuk biaya perjalanan dari terminal Bungurasih ke Terminal Pandaan sekitar Rp. 30.000 dengan menemuh jarak sekitar 40km.

Setelah anda menaiki bus tersebut, mintalah kepada supir bus yang anda tumpangi untuk turun di terminal Pandaan. Lalu anda dapat menggunakan kendaraan L300 dengan tujuan Terminal Pandaan – Trawas, kemudian turun di Pasar Kesiman. Kendaraan L300 dapat anda temui sekitar pukul 06.00-16.00 WIB di Terminal Pandaan, dengan biaya ongkos transportasi sekitar Rp. 10.000 s.d Rp. 15.000/ orang.

Transportasi selanjutnya adalah dengan menggunakan ojek motor tujuan pos awal pada pendakian Gunung Penanggungan. Dari pasar Kesiman tadi anda akan dikenakan tarif ojek motor mulai dari Rp. 5.000.

Nah, untuk yang satu ini, apabila anda sampai di terminal Pandaan di malam hari, alternatif nya adalah dengan menggunakan kendaraan L300 tujuan Tretes dan turun di pertigaan Prigen dengan tarif sekitar Rp. 7.000/ orang.

Selanjutnya adalah anda dapat menggunakan transportasi ojek motor tujuan pos awal pendakian Gunung Penanggungan dengan jarak 8km, dengan tarif transportasi sekitar Rp. 20.000 s.d Rp. 25.000 dan tiba di pos awal pendakian Desa Tamiajeng.

Selain itu apabila anda arah Malang, anda dapat berangkat dari terminal Arjosari tujuan terminal Pandaan. Setelah itu turun, dan menggunakan transportasi L300 dan menggunakan ojek motor selayaknya keberangkatan dari Surabaya tadi.

Baca Juga : 5 Wisata Kuliner Yogyakarta Daerah Malioboro

Itu dia informasi transportasi melalui jalur pendakian Tamiajeng Gunung Penanggungan yang saya bagikan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *