Kuliner Khas Padang Sumatera Barat

220 views

kuliner khas padang

Mungkin sebagian dari anda tidak banyak yang mengetahui apa-apa saja sih kuliner khas Padang ? disini saya akan memberikan informasi kuliner tersebut. Dimana makanan ini bisa anda temukan di restoran Padang, maupun rumah makan Padang. Berikut saya akan memaparkan kuliner khas dari Padang:

Berbagai Macam Kuliner Khas Padang

Rendang

Siapa yang tak kenal rendang, kuliner khas Padang yang satu ini lumayan cukup terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Rendang ini terdiri dari daging sapi yang dimasak dengan santan dan berbagai macam bumbu yang khas untuk menciptkan citarasa yang lezat dan empuk.

Kuliner yang satu ini biasanya dapat anda temui di berbagai tempat seperti rumah makan Padang, dan restoran Padang.

Ikan Balado

Tak lain adalah ikan yang biasa nya diberi sambal balado, atapun dilumuri sambal balado. Balado sendiri merupakan sambal yang diracik terdiri dari cabe merah atapun cabe ijo, garam, bawang, gula pasir, dan jeruk nipis. Tentunya dengan cara masak yang khas seperti bahan yang tadi direbus terlebih dahulu kemudian diuleg dan ditumis kembali.

Sehingga iklan balado ini terasa pedas manis nya dan dapat menggugah selera makan anda.

Cancang

Merupakan kuliner khas Padang dengan potongan daging yang kecil-kecil lalu diberi santan dan sambal giling, daging yang digunakan adalah daging kambing. Sehingga rasa nya gurih dan terasa pedas nya yang khas.

Sate Padang

Makanan yang satu ini kebanyakan orang sudah mengenalnya dengan potongan daging kecil-kecil dan ditusuk dengan tusukan lidi, ataupun bambu. Lalu atas nya diberi saos bumbu kuning yang terbuat dari tepung beras dan diberi bumbu khas.

Sate Padang ini juga sering diberi potongan lontong, ataupun kupat, dan dipadukan dengan bumbu kacang.

Gulai Banak

Ataupun yang sering disebut gulai otak, adalah makanan yang berkuah santan dengan bahan utamanya adalah potongan kecil-kecil dari otak sapi. Kuliner yang satu ini juga lumayan cukup enak dan nikmat.

Gulai Itiak

Kuliner khas yang satu ini berasal dari daerah Kota Gadang, Bukit Tinggi. Dari nama nya mungkin anda sudah tau yaitu itiak ataupun bebek. Nah bahan utama gulai itiak ini adalah irisan daging bebek yang dipotong kecil-kecil.

Kemudian daging yang diiris tadi dilumuri bumbu khas dan cabe, agar terasa pedas, dan gurih. Lalu daging yang telah dilumuri tadi di bakar, ataupun dipanggang.

Kerupuk Sanjai

Biasa orang padang menyebutnya “karupuak sanjai”, ini adalah sejenis cemilan kerupuk yang terbuat dari singkong yang diparut, sehingga menjadi adonan, dan dibentuk lalu diberi garam secukupnya trus digoreng.

Cemilan ini cocok untuk menambah selera makan anda, dan dapat dicampur dengan nasi, ataupun makanan lainnya.

Gulai Tauco

Gulai tauco ini terdiri dari buncis, dipadukan dengan tempe, udang, cabe ijo yang diiris, santan, dan bumbu lainnya agar terasa nikmat. Kuliner yang satu ini bersantan dan berwarna putih kehijauan.

Gulai Paku

Gulai paku ini terdiri dari bahan tumbuhan yang kita kenal sebagai tanaman pakis yang dapat dikonsumsi. Kemudian sayur pakis ini diolah menjadi gulai paku dengan santan dan bumbu gulai yang khas agar terasa lebih nikmat dan gurih.

Teh Talua

Teh Talua merupakan minuman yang dapat menambah stamina anda. Minuman ini terbuat dari teh yang dicampur dengan telur, gula, dan jeruk nipis. Biasanya telur yang digunakan adalah telur ayam kampung, ataupun telur bebek.

Kalio Dagiang

Ini adalah salah makanan yang bahan utamanya daging yang direbus dalam jangka waktu yang lama, untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk dan lembut. Daging ini diberi rempah-rempah agar meresap ke daging supaya aromanya nikmat dan menambah kelezatan ketika menyantapnya.

Dendeng Batokok

Bahan utamanya daging sapi yang diiris tipis-tipis lalu digoreng. Setelah digoreng kemudian daging yang diiris tadi ditumbuk-tumbuk dengan menggunakan cobek. Lalu dendeng ini di beri cabe ijo yang digiling kasar. Kemudian daging tadi dilumuri dengan sambal agar meresap ke daging.

Dendeng Balado

Sama halnya dengan dendeng batokok, hanya perbedaan nya daging sapi yang diiris tadi tidak di tumbuk-tumbuk. Lalu daging ini hanya dilumuri dengan cabe merah atau lado merah, dan bumbu lainnya seperti bawang, dan bumbu lainnya.

Soto Padang

Soto Padang yang satu ini tidak terlalu berbeda dengan soto yang lainnya, hanya saja soto ini hanya bagian dalam sapi aja yang diolah, seperti usus, babat, paru, hati, dan lainnya.  Hidangan yang satu ini direbus dengan air yang sudah diberi rempah-rempah agar tekstur daging jadi lebih empuk dan aromanya harum.

Baca Juga : Tempat Wisata Kuliner Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Baiklah semoga informasi kuliner khas Padang yang saya berikan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini, tunggu artikel saya selanjutnya. Salam 🙂

Gallery for Kuliner Khas Padang Sumatera Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *